10 Negara Muslim Terbaik untuk Liburan, Lombok Mewakili Indonesia

Jika ingin mencari destinasi Muslim andalannya, maka Lombok adalah jawaban yg tepat

Islamic Center NTB

HOLIDAYISLOMBOK.com, Kuala Lumpur – Bagi traveler Muslim, mendapati destinasi tujuannya ramah Muslim adalah sebuah kebahagiaan. Dari seluruh negara di dunia, berikut 10 yang dianggap terbaik untuk liburan traveler Muslim.

Sebuah indeks Global Travel Muslim Index (GMTI) 2016 dikeluarkan oleh Cresent Rating. Dalam indeks ini terlihat negara mana saja yang memiliki aspek terbaik untuk liburan bagi traveler Muslim.

Diintip detikTravel, Kamis (30/6/2016), ada 3 aspek yang menentukan negara tersebut ramah atau tidak terhadap traveler Muslim. Yang pertama adalah destinasi yang ramah dan aman bagi keluarga Muslim, kemudian fasilitas yang memadai, dan pelayanan yang ramah Muslim.

Dari sana tersebutlah destinasi mana saja yang dianggap terbaik. Berikut 10 negara Muslim terbaik untuk liburan :

1. Malaysia

Dengan poin tertinggi yaitu 81,9, Malaysia berada di posisi pertama sebagai destinasi terbaik untuk liburan bagi traveler Muslim. Negeri Jiran ini memiliki sekitar 30 juta penduduk yang memeluk agama Islam, setara dengan 61% dari populasi keseluruhannya.

Banyaknya masjid dan musala yang tersebar di sini menjadikan salah satu alasan kenapa negara ini berada di posisi teratas. Untuk destinasi andalannya adalah Kuala Lumpur, Johor Bahru, dan Putrajaya.

2. Uni Emirat Arab

Di posisi kedua ada Uni Emirat Arab dengan destinasi terkenalnya yaitu Abu Dhabi dan Dubai. Negara di Timur Tengah ini mendapat poin 74,7. Tak heran mereka mendapat posisi kedua lantaran kehidupan di sana memang sudah kental dengan ajaran Islam.

Hampir 100% masyarakatnya memeluk agama Islam. Meski ada beberapa aliran Islam yang berbeda di sana. Makanan yang halal dan destinasi yang kental dengan hukum Islam membuat traveler Muslim tak perlu menyesuaikan diri lagi kala liburan.

3. Turki

Selanjutnya adalah Turki. Negara perbatasan Eropa dan Asia ini memiliki eksotisme yang tak terbantahkan. Meski banyak konflik yang melanda negara ini, masih banyak saja wisatawan yang tak peduli dan tetap ingin melancong ke sini.

Arsitektur dan sejarah yang begitu kaya menjadi salah satu magnet utama pariwisata di Turki. Karena hampir 98% penduduknya merupakan Muslim, sudah tentu kehidupan di sana kental dengan tata cara dan budaya Islam. Inilah yang membuat traveler Muslim merasa nyaman liburan ke sana.

4. Indonesia

Tanah Air tercinta Indonesia berada di posisi keempat sebagai negara Muslim terbaik untuk traveler. Mendapat poin sebesar 70,6 dari GMTI. Mayoritas Masyakarat yang Muslim membuat Indonesia memiliki banyak masjid dan makanan halal pun mudah didapat.

Jika ingin mencari destinasi Muslim andalannya, maka Lombok adalah jawaban yang tepat. Karena kota ini memiliki julukan Kota Seribu Masjid yang memang banyak sekali masjid yang bisa didatangi.

BACA :   Balap Sepeda di Tengah Suasana Eksotis Lombok

5. Qatar

Kembali ke Timur Tengah, di posisi kelima ada Qatar yang memiliki poin sebesar 70,5. Hanya berbeda 0,1 poin saja dibanding Indonesia.

Wisata ala Timur Tengah menjadi pilihan utama traveler yang datang ke sini. Mayoritas Muslim yang mencapai 77,5% membuat suasana di negara ini kental dengan Islamnya. Sehingga, wisatawan Muslim pun merasa seperti di rumah sendiri. Traveler Muslim wanita bisa nyaman mengenakan kerudung karena mayoritas mengenakan pakaian yang serupa.

6. Arab Saudi

Selanjutnya adalah Arab Saudi. Negara dengan beberapa kota suci ini mendapat poin 70,4. Rasanya, semua makanan pasti halal di negara ini.

Bahkan beberapa kota sucinya hanya bisa dimasuki oleh wisatawan Muslim saja. Menutup aurat merupakan wajib hukumnya di negara ini. Hukum yang diterapkan di sini juga hukum Islam. Sangat kental!

7. Oman

Berbatasan dengan Uni Emirat Arab, ada Oman yang terkenal dengan produksi minyak buminya. Selain itu, wisata di sini juga tak kalah menarik. Menjelajah Muscat, ke museum-museum, pasar, dan masjid setempat jadi hal wajib saat ke sini.

Pantai yang cantik juga siap menggoda para traveler. Untuk nuansa Islamnya pun sangat terasa. Karena setidaknya ada 75% penduduknya memeluk agama ini.

8. Maroko

Dengan poin 68,3 Maroko berhasil menempati posisi kedelapan. Tak perlu memusingkan apakah destinasi ini Muslim friendly atau tidak. Karena 99% penduduknya menganut Islam.

Seperti di negara sendiri, kehidupan sehari-hari di sini kental dengan nuansa Islamnya. Masjid mudah ditemui, penduduknya banyak yang mengenakan baju Muslim, dan sudah tentu, makanannya pun halal! Yang jangan dilewatkan adalah mendatangi kota tuanya dan menjelajah pasar-pasar di sana.

9. Yordania

Di posisi 9 ada Yordania yang terkenal dengan wisata Laut Mati dan kota tua Petra. Wisatawan yang datang ke sini biasanya karena penasaran dengan budaya dan sejarah yang begitu kental.

Bagaimanapun, Yordania juga termasuk negara nyaman bagi wisatawan Muslim. Sekitar 94% penduduknya menganut agama Islam. Sehingga suasananya pun masih kental dengan Islam.

10. Bahrain

Yang terakhir ada Bahrain dengan 63,3 poin. Negara dengan populasi Muslim sebesar 70% ini terbilang nyaman untuk jadi destinasi liburan wisatawan Muslim.

Makanan yang halal dan nuansa yang Islami membuat wisatawan Muslim tidak merasa risih saat liburan. Beberapa destinasi andalannya adalah perkotaan yang cukup maju, dan deretan pantai-pantai cantiknya.(shf/fay | Sumber : Travel Detik)


Awesome Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *