11 Alasan Lembah Sembalun Layak Menjadi World Best Halal Honeymoon Destination

Lembah Sembalun menjadi nominasi kategori World Best Halal Honeymoon Destination di WHTA 2016

sembalun-destinasi-bulan-madu-terbaik-dunia

HOLIDAYISLOMBOK.com – Tahun 2015 yang lalu, Pulau Lombok terpilih menjadi World best halal Honeymoon Destination dalam ajang World Halal Travel Award yang berlangsung di Abu Dhabi. Setelah kemenangan tersebut, Pulau Lombok menjadi salah satu destinasi utama wisata halal di Indonesia. Tahun 2016, Pulau Lombok berhasil mendapat Empat Award dalam ajang Halal Travel Award Tingkat Nasional yang diadakan oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.

Salah satu award yang diraih Pulau Lombok menempatkan wilayah Lembah Sembalun sebagai Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik. Award tersebut membawa Lembah Sembalun menjadi nominasi kategori World Best Halal Honeymoon Destination dalam ajang World Halal Travel Award 2016 yang sedang berlangsung saat ini.

Berikut saya  akan menuliskan 11 alasan kenapa Lembah Sembalun Lombok layak menjadi World Best Halal Honeymoon Destination atau Destinasi Bulan Madu Halal Terbaik Dunia

1. Masyarakat Sembalun yang ramah dan islami

masyarakat-muslim-sembalun
Masyarakat Sembalun bertani. Photo via bakti.or.id

Sebagian besar masyarakat Sembalun beragama islam. Perempuan-perempuan yang mengenakan hijab bukanlah pemandangan langka di Sembalun. Selain itu, ketersediaan tempat ibadah seperti masjid dan mushola juga banyak di pinggir jalan utama Sembalun.

Masyarakat Sembalun terkenal dengan keramahannya. Berbincang-bincang dengan masyarakat akan membuat anda lebih tahu banyak hal tentang Sembalun. Selain itu juga, daerah Sembalun merupakan daerah yang sangat aman. Melihat para petani memarkir sepeda motor tanpa melepas kunci adalah hal yang biasa di sini. Jadi anda tidak perlu khawatir sebagai wisatawan yang datang berkunjung karena keamanan dan kenyamanan akan anda dapatkan di Sembalun.

2. Udara yang dingin dan Segar di Lembah Sembalun

kawasan-hutan-lindung-di-lembah-sembalun
Jalanan menuju Sembalun melalui Kawasan Hutan Lindung di Kaki Rinjani. Photo by Jackysan dan Cherman

Memasuki wilayah Lembah Sembalun anda akan disambut hutan nan hijau. Pepohonan menghasilkan oksigen yang bersih dan segar. Di wilayah Lembah Sembalun anda tak membutuhkan pendingin ruangan karena lokasi di sekitar pegunungan menyembabkan suhu udara Sembalun sangat dingin.

Menurut salah seorang warga Sembalun, udara bersih dan segar di Lembah Sembalun sangat bagus bagi pasangan pengantin baru. Ia bercerita bahwa ada pasangan suami istri yang sudah lama menikah dan tidak dikaruniai anak. Setelah pindah ke Sembalun, pasangan tersebut dikaruniai anak. Hal tersebut karena bersih dan segarnya udara Sembalun berpengaruh besar terhadap kesehatan seseorang.

3. Wisata Budaya di Lembah Sembalun

wisata-budaya-rumah-adat-dan-tenun-khas-sembalun
Rumah adat dan Budaya di Sembalun. Photo by Wahyu Kurniawan

Selain keindahan alam, Lembah Sembalun juga kaya akan kearifan budaya lokal masyarakat. Di Sembalun anda bisa melihat bagaimana proses pembuatan kain tenun khas Pulau Lombok. Proses pembuatan kain tenun mulai dari pembuatan benang dari kapas, pewarnaan benang, hingga menenun kain atau nyesek dalam bahasa sasak Lombok.

Selain itu, Sembalun memiliki kampung adat Beleq yang merupakan rumah adat tertua di Sembalun. Kampung adat Beleq yang hanya terdiri dari tujuh rumah merupakan bekas tempat tinggal leluhur masyarakat Lembah Sembalun. Hingga kini, rumah adat tersebut masih bertahan walaupun sudah tidak dihuni lagi. Kampung adat beleq hanya digunakan saat upacara-upacara adat masyarakat Sembalun.

4. Makanan Halal dan murah di Lembah Sembalun

kopi-pahlawan-khas-sembalun-lombok
Kopi Sembalun via hadiyahhayati.wordpress.com

Di wilayah Sembalun sangat mudah menemukan makanan halal dengan harga yang terjangkau. Wisatawan muslim yang datang ke Sembalun tidak perlu khawatir akan ketersediaan makanan halal karena sebagian besar masyarakat Sembalun beragama islam.

Di Sembalun anda bisa mencicipi berbagai makanan khas masyarakat seperti kelaq bateh, sambal beberuq, dll. Selain itu, anda juga menikmati kopi sembalun yang sudah terkenal di seluruh dunia. Kopi sembalun memiliki aroma dan rasa yang khas karena tumbuh di dataran tinggi. Menyeruput kopi sembalun sambil menghirup udara segar di pagi hari akan menjadi moment romantis bersama pasangan anda.

5. Penginapan yang murah di Lembah Sembalun

hotel-dan-penginapan-di-sembalun-lombok
Penginapan di Sembalun. Photo by Jackysan

Berbulan madu di Sembalun tidak akan membuat anda merogoh kantong terlalu dalam untuk sewa penginapan. Di wilayah Lembah Sembalun terdapat banyak penginapan dengan harga yang relatif terjangkau. Kisaran harga penginapan adalah Rp. 150.000,- hingga Rp. 350.000,- dengan fasilitas yang memadai.

Penginapan dan villa di wilayah Sembalun biasanya memiliki design tradisional, sangat cocok bagi anda yang mencintai suasana pedesaan. Di wilayah ini tidak ada hotel berbintang dengan bangunan yang megah nan mewah seperti di perkotaan.

6. Lembah Sembalun tempat yang Sunyi

wisata-desa-sembalun-lombok-timur

Bulan madu adalah salah satu moment indah bagi setiap pasangan yang baru menikah. Menikmati masa-masa romantis berdua membutuhkan suasana yang sunyi dan jauh dari hingar bingar kota. Lembah Sembalun menjadi tempat yang tepat untuk menikmati kesunyian bersama pasangan anda. Lembah Sembalun terletak sekitar 110 km dari Kota Mataram. Di wilayah Sembalun tidak ada aktivitas masyarakat yang bisa membuat suasana bising dan ramai.

7. Pemandangan Gunung Rinjani

rumah-tradsional-desa-blek-sembalun
Rumah Tradisional Desa Blek Sembalun dengan latar Gunung Rinjani di sebelah baratnya. Photo by Jackysan

Menatap keindahan Gunung Rinjani di pagi hari bersama pasangan akan menjadi moment yang sangat romantis. Gunung Rinjani seolah menaungi wilayah Sembalun dengan pesonanya. Jika anda dan pasangan ingin menikmati keindahan savana Gunung Rinjani, anda bisa mengajak pasangan berjalan-jalan di jalur pos satu Rinjani. Di jalur pos satu Gunung Rinjani yang masih landai, anda bisa menemukan banyak spot foto yang indah dan sangat cocok untuk foto prawedding.

Lanjut baca Halaman 2


Awesome Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *