Gendang Baleq, Tradisi Sakral Suku Sasak di Lombok

Gendang Baleq

Kesenian Gendang Baleq Lombok

Lombok, sebagai surga wisata dunia yang ada di Indonesia tentu memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Selain kaya akan destinasi wisata alam, Lombok juga memiliki beragam kuliner yang siap menggoda lidah kamu. Selain ikon wisata alam dan kuliner, Lombok dikenal dengan budayanya yang unik.

Budaya yang populer di Lombok di antaranya Upacara Bau Nyale dan Pertunjukan Gendang Baleq. Nah, Pertunjukan Gendang Baleq ini bisa juga disebut sebagai ikon budaya Lombok. Bagaimana tidak? Kesenian tradisional Suku Sasak Lombok ini sudah ada sejak dulu dan masih bertahan di Lombok hingga sekarang. Kepopuleran kesenian tradisional ini tidak mampu dikalahkan oleh tradisi barat yang sudah menyebarluas di Indonesia.

Nah! Jika kamu bertandang ke Lombok, tentu kunjungan kamu akan lebih berkesan kalau kamu berkesempatan menyaksikan pertunjukan Gendang Baleq. Pertunjukan kesenian tradisional ini tidak hanya semata-mata untuk hiburan, akan tetapi pertunjukan Gendang Baleq juga memiliki nilai-nilai yang sangat berguna di masyarakat. Nilai-nilai tersebut di antaranya nilai psikologis, nilai ekonomis, nilai sosial dan nilai filosofis.

Suku Sasak memaknai bahwa melestarikan tradisi Gendang Baleq sama dengan menata dan memelihara diri sendiri karena dalam musik Gendang Baleq terkandung keindahan, ketelitian, ketekunan, kesabaran, kebijakan dan kepahlawanan. Maka dari itu, kesenian Gendang Baleq dianggap sakral dan harus dilestarikan.

Kamu penasaran bukan? Bagaimana sih sebenarnya urut-urutan pertunjukan kesenian tradisional Suku Sasak ini? Sebelum kamu benar-benar menyaksikan pertunjukannya, biar saya beberkan urutannya terlebih dahulu ya! Dalam pertunjukan, alat yang pertama kali dibunyikan adalah Gendnag Baleq. Biasanya sekaha (pemain Gendang Baleq) menabuh dua kali kanan dan satu kali kiri dengan pukulan berirama. Tabuh yang dikumandangkan oleh sekaha menjadi aba-aba untuk alat selanjutnya yaitu kenceng yang akan segera ditabuh dan berirama menghentak. Musik selanjutnya diikuti oleh bunti seruling, petuk dan yang lainnya.

Dalam permainan Gendang Baleq, sekaha ibarat komando. Ibarat dalam orkestra, penabuh Gendang Baleq adalah konduktornya. Meskipun dalam permainannya hampir didominasi dengan bunyi terumpang, seruling, petuk dang kenceng, namun tetap saja panduannya adalah gendang. Biasanya lagu-lagu yang dimainkan adalah lagu-lagu Sasak, akan tetapi seiring perkembangan musik dii tanah air, irama musik dangdut dan melayu juga kerap mewarnai pertunjukan Gendang Baleq.

Wah! Pertunjukan tradisional yang masih populer di Lombok. Kamu wajib menyaksikan kesenian khas ini ya guys. Sambil menikmati wisata alam dan kuliner pasti akan lebih menarik jika kamu menikmati budaya sakral masyarakat Lombok, bukan? Jadi tunggu apa lagi? Lombok siap menyambutmu dengan irama Gendang Baleq khas Suku Sasak, guys.


Awesome Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.