NTB Dominasi Nominator Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016

Kompetisi Halal Merupakan Ajang Apresiasi Kepada Industri yang Mendukung Pariwisata Halal

pesona-sembalun-lawang-lombok-indonesia

Jakarta, LombokInsider.com – Lombok Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat mendominasi jajaran nominator dalam Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016 yang dirilis oleh Kementerian Pariwisata Indonesia pada Kamis (25/8). Lombok menempatkan nominatornya dengan mendominasi pada 10 kategori dari 15 kategori yang ada. Namun Lombok sama sekali tidak menempatkan nominatornya pada 5 kategori lainnya.

Dari daftar nominasi dalam seluruh kategori, Lombok Sumbawa menempatkan 23 nominator dari seluruh 111 nominator. Lombok Sumbawa bahkan mendominasi secara keseluruhan pada kategori Resort Pantai Ramah Wisatawan Muslim Terbaik yang diwakili oleh GiliSudak (Lombok Barat), Hotel Lombok Resort Svarga (Senggigi, Lombok Barat), JeevaSantai Villas (Lombok Barat) dan Novotel Lombok Resort & Villas (Lombok Tengah).

Lombok Sumbawa juga mendominasi pada kategori Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik dengan menempatkan 2 nominator dari 5 total nominator yakni Lembah Sembalun (Lombok Timur) dan Pulau Moyo (Sumbawa).

Demikian juga dengan Kategori Daya Tarik Wisata Terbaik. Lombok Sumbawa mendominasi dengan menempatkan 8 nominator dari total 16 nominator. Wakil Lombok Sumbawa adalah Air Terjun Senaru (Lombok Utara), Air Terjun Sindang Gile & Tiru Kelep (Lombok Utara), Desa Adat Sade (Lombok Tengah), Desa Karang Bajo (Lombok Utara), Islamic Centre (Mataram), Masjid Kuno Bayan (Lombok Utara), Pantai Mawun (Lombok Tengah) dan Gunung Rinjani.

Lombok Sumbawa juga menempatkan satu perwakilan dalam 3 kategori bergengsi. Untuk Kategori Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, wakil NTB yakni Bandara Internasional Lombok yang bersaing dengan Bandara Internasional Minangkabau (Padang, Sumatera Barat) dan BandaraInternasional Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam).

Dalam kategori Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, NTB diwakili oleh Lombok dan bersaing melawan Aceh, Nangro Aceh Darussalam dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sementara dalam Kategori Kuliner Halal Khas Daerah Terbaik, NTB diwakili oleh makanan sejuta umat Ayam Taliwang; yang bersaing dengan Chocodot dari Garut, Jawa Barat dan Kue Bingka Nayadam dari Batam.

Sayangnya NTB sama sekali tidak menempatkan wakilnya dalam Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik, Operator Haji dan Umroh Terbaik, Destinasi Wisata Halal Terbaik, Kategori Sentra Kuliner Halal Terbaik, dan Kategori Pusat Belanja Ramah Wisatawan Muslim Terbaik.

Klik Halaman 2, Halaman 3, Halaman 4 atau selanjutnya


Awesome Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.